Memperbaiki shock depan merupakan pekerjaan yang sedikit rumit.
Jadi rumit karena peralatan yang dibutuhkan untuk membongkar shock tidak dimiliki semua orang kecuali yang memang berprofesi sebagai montir.
Saya punya motor Yamaha Mio GT yang mulai bermasalah di shock depan setelah umur pemakaian kurang lebih 6 tahun.
Beberapa waktu lalu sempat ganti oli shock dengan peralatan seadanya. Namun hasilnya kurang memuaskan.
Setelah dianalisa kembali, ternyata per shock depan motor mio GT saya ini sepertinya sudah lemah.
Karena ketika motor di naiki, shock depan langsung ambles.
Akhirnya coba untuk membongkar shock depan Mio GT ini lagi.
Tapi karena misi kali ini hanya untuk mengganti per shock nya saja, maka proses bongkarnya sedikit berbeda.
Kita akan mengganti per shock depan Yamaha Mio GT tanpa melepas roda dan tanpa mengeluarkan shockbreaker dari segitiga komstir.
Pertama-tama kita perlu membuka cover depan motor tempat bertenggernya lampu sein, plat nomor dan lampu senja.
Lepas plat nomor beserta dudukannya, lalu lepas baut pengikat cover depan. Ada beberapa baut yang harus dilepas. Dibagian depan ada dua buah baut sepuluh tempat dudukan plat nomor yang perlu dilepas.
Kemudian ada beberapa baut lagi yang perlu dilepas menggunakan obeng.
Setelah semua baut terlepas, lepas terlebih dahulu cover samping tempat tulisan GT.
Hati-hati melepasnya, karena ada kuncian yang membuatnya saling terkait dengan bodi cover depan.
Setelah cover samping dilepas, lepaskan baut pengikat cover depan yang masih tersisa. Satu dikanan dan satu dikiri.
Setelah itu lepaskan cover depan, kunciannya model berkait. Jika sulit melepasnya, anda bisa dorong dari dalam. Setelah terlepas, cabut soket penghubung dan letakan cover depan ditempat aman.
Dari sini anda bisa dengan mudah melepas penutup shock dan mengganti per shock dengan yang baru. Namun jangan lupa untuk mengganjal bagian bawah pijakan kaki agar roda depan terangkat.
Sebelum melepas penutup shock, bersihkan area sekitar segitiga agar debu atau kotoran tidak masuk kedalam shockbreaker.
Ternyata dengan tanpa melepas shock depan dari dudukannya, lebih mudah untuk melepas dan memasang penutup shock. Daripada melepas shock terlebih dahulu dan membuka penutup shocknya dibawah lantai.
Agar semakin mudah, lepas baut penahan selang rem dan kabel speedo agar ruang gerak lebih leluasa.
Setelah tadi tutup shocknya terbuka, anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru.
Tapi karena kali ini saya sedang low budget, jadinya cuma pakai baut 14 untuk menambah kekerasan shock.
Lumayan, modal 5 ribu bisa mengembalikan kinerja shock jadi lebih baik.
Cara ini tidak dianjurkan, tapi boleh ditiru kalau anda juga sedang low budget. Mengingat harga per shock lumayan kalau lagi belum gajian.
Karena per lama diganjal dengan baut-mur 14 maka proses pemasangannya butuh effort yang besar. Pasalnya, perlawanan per semakin kuat, jadi harus pakai tenaga ekstra. Kalau sempat, bisa coba buat alat bantu sederhana untuk memasang penutup shock depan Mio ini.
Jika sudah terpasang, test dulu kinerja shock sebelum memasang kembali bodi cover depannya. Kalau sudah oke, baru dirakit kembali seperti sedia kala.
Kalau ingin sekalian ganti oli shocknya, setelah membuka tutup shock, anda bisa melanjutkan proses kerjanya dengan melepas shock dari dudukannya setelah melepas roda terlebih dahulu.
Bagaimana, mudah kan ganti per shock depan sendiri dirumah tanpa harus melepas roda. Semoga bermanfaat.
Jadi rumit karena peralatan yang dibutuhkan untuk membongkar shock tidak dimiliki semua orang kecuali yang memang berprofesi sebagai montir.
Saya punya motor Yamaha Mio GT yang mulai bermasalah di shock depan setelah umur pemakaian kurang lebih 6 tahun.
Beberapa waktu lalu sempat ganti oli shock dengan peralatan seadanya. Namun hasilnya kurang memuaskan.
Setelah dianalisa kembali, ternyata per shock depan motor mio GT saya ini sepertinya sudah lemah.
Karena ketika motor di naiki, shock depan langsung ambles.
Akhirnya coba untuk membongkar shock depan Mio GT ini lagi.
Tapi karena misi kali ini hanya untuk mengganti per shock nya saja, maka proses bongkarnya sedikit berbeda.
Kita akan mengganti per shock depan Yamaha Mio GT tanpa melepas roda dan tanpa mengeluarkan shockbreaker dari segitiga komstir.
Pertama-tama kita perlu membuka cover depan motor tempat bertenggernya lampu sein, plat nomor dan lampu senja.
Lepas plat nomor beserta dudukannya, lalu lepas baut pengikat cover depan. Ada beberapa baut yang harus dilepas. Dibagian depan ada dua buah baut sepuluh tempat dudukan plat nomor yang perlu dilepas.
Kemudian ada beberapa baut lagi yang perlu dilepas menggunakan obeng.
Setelah semua baut terlepas, lepas terlebih dahulu cover samping tempat tulisan GT.
Hati-hati melepasnya, karena ada kuncian yang membuatnya saling terkait dengan bodi cover depan.
Setelah cover samping dilepas, lepaskan baut pengikat cover depan yang masih tersisa. Satu dikanan dan satu dikiri.
Setelah itu lepaskan cover depan, kunciannya model berkait. Jika sulit melepasnya, anda bisa dorong dari dalam. Setelah terlepas, cabut soket penghubung dan letakan cover depan ditempat aman.
Dari sini anda bisa dengan mudah melepas penutup shock dan mengganti per shock dengan yang baru. Namun jangan lupa untuk mengganjal bagian bawah pijakan kaki agar roda depan terangkat.
Sebelum melepas penutup shock, bersihkan area sekitar segitiga agar debu atau kotoran tidak masuk kedalam shockbreaker.
Ternyata dengan tanpa melepas shock depan dari dudukannya, lebih mudah untuk melepas dan memasang penutup shock. Daripada melepas shock terlebih dahulu dan membuka penutup shocknya dibawah lantai.
Agar semakin mudah, lepas baut penahan selang rem dan kabel speedo agar ruang gerak lebih leluasa.
Setelah tadi tutup shocknya terbuka, anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru.
Tapi karena kali ini saya sedang low budget, jadinya cuma pakai baut 14 untuk menambah kekerasan shock.
Lumayan, modal 5 ribu bisa mengembalikan kinerja shock jadi lebih baik.
Cara ini tidak dianjurkan, tapi boleh ditiru kalau anda juga sedang low budget. Mengingat harga per shock lumayan kalau lagi belum gajian.
Karena per lama diganjal dengan baut-mur 14 maka proses pemasangannya butuh effort yang besar. Pasalnya, perlawanan per semakin kuat, jadi harus pakai tenaga ekstra. Kalau sempat, bisa coba buat alat bantu sederhana untuk memasang penutup shock depan Mio ini.
Jika sudah terpasang, test dulu kinerja shock sebelum memasang kembali bodi cover depannya. Kalau sudah oke, baru dirakit kembali seperti sedia kala.
Kalau ingin sekalian ganti oli shocknya, setelah membuka tutup shock, anda bisa melanjutkan proses kerjanya dengan melepas shock dari dudukannya setelah melepas roda terlebih dahulu.
Bagaimana, mudah kan ganti per shock depan sendiri dirumah tanpa harus melepas roda. Semoga bermanfaat.