Memang kalau untuk urusan bongkar membongkar barang, semua pasti bisa melakukannya.
Tapi jika tidak mengerti urutannya maka kemungkinan bisa merusak barang yang di bongkar tersebut. Salah satunya saat ingin melepas bodi sepeda motor.
Bodi sepeda motor tidak hanya sebagai "pemanis buatan", tapi juga memiliki fungsi penting bagi komponen motor lainnya.
Salah satu fungsi bodi motor adalah untuk melindungi dan menutupi tangki penampung bahan bakar.
Jadi ketika ingin mengganti atau melepas tangki, bodi samping motor khususnya Yamaha Mio GT harus dilepas.
Untuk melepas bodi samping Yamaha Mio GT sangat mudah dan hanya membutuhkan obeng plus.
Pertama-tama yang perlu di lepas ketika ingin melepas bodi motor mio GT adalah begian penutup mesin.
Penutup mesin ini di kunci dengan tiga baut, dua di samping dan satu di bagian bawah di bagian pijakan kaki.
Selanjutnya lepas penutup atas lampu rem yang diikat dengan baut berukuran agak besar, mungkin anda membutuhkan obeng yang agak besar pula agar momen puntirnya lebih kuat.
Setelah penutup bagian atas lampu rem di lepas, buka juga baut pengikat bodi mio bagian atas yang juga sekaligus menjadi baut penahan lampu rem.
Kemudian anda bisa mulai melepas bodi samping mio GT.
Untuk Bodi mio sebelah kanan, letak bautnya seperti yang di tunjukan oleh tanda panah di bawah ini.
Di situ terdapat 4 baut sekrup dan 1 buah baut rivet.
Khusus baut rivet, anda perlu menggunakan obeng yang ukuran nya sesuai agar tidak merusak kepala baut.
Setelah baut rivet terlepas, jangan lupa untuk melepas ringnya dengan menggunakan obeng minus. Hati-hati jangan sampai rusak.
Setelah melepas bodi mio sebelah kanan, saatnya beralih ke bodi mio sebelah kiri.
Posisi bautnya relatif sama, hanya saja, ada satu baut lagi yang berada tersembunyi di bawah dekat shockbreaker.
Bagaimana mudah bukan untuk melepas bodi Mio GT?
untuk memasang kembali bodi mio GT tentulah bukan perkara sulit namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.
Misalnya ketika menemukan kenapa penutup mesin tidak rapat?
Biasanya karena posisi penguncinya kurang tepat.
Bagian samping dari penutup mesin mio GT saling berkait dengan Bagasi motor. Jika kaitannya tidak tepat, maka bagian samping akan ada celah atau renggang. Jadi posisikan kunciannya dengan tepat.
Tapi jika tidak mengerti urutannya maka kemungkinan bisa merusak barang yang di bongkar tersebut. Salah satunya saat ingin melepas bodi sepeda motor.
Bodi sepeda motor tidak hanya sebagai "pemanis buatan", tapi juga memiliki fungsi penting bagi komponen motor lainnya.
Salah satu fungsi bodi motor adalah untuk melindungi dan menutupi tangki penampung bahan bakar.
Jadi ketika ingin mengganti atau melepas tangki, bodi samping motor khususnya Yamaha Mio GT harus dilepas.
Untuk melepas bodi samping Yamaha Mio GT sangat mudah dan hanya membutuhkan obeng plus.
Pertama-tama yang perlu di lepas ketika ingin melepas bodi motor mio GT adalah begian penutup mesin.
Penutup mesin ini di kunci dengan tiga baut, dua di samping dan satu di bagian bawah di bagian pijakan kaki.
Selanjutnya lepas penutup atas lampu rem yang diikat dengan baut berukuran agak besar, mungkin anda membutuhkan obeng yang agak besar pula agar momen puntirnya lebih kuat.
Setelah penutup bagian atas lampu rem di lepas, buka juga baut pengikat bodi mio bagian atas yang juga sekaligus menjadi baut penahan lampu rem.
Kemudian anda bisa mulai melepas bodi samping mio GT.
Untuk Bodi mio sebelah kanan, letak bautnya seperti yang di tunjukan oleh tanda panah di bawah ini.
Di situ terdapat 4 baut sekrup dan 1 buah baut rivet.
Khusus baut rivet, anda perlu menggunakan obeng yang ukuran nya sesuai agar tidak merusak kepala baut.
Setelah baut rivet terlepas, jangan lupa untuk melepas ringnya dengan menggunakan obeng minus. Hati-hati jangan sampai rusak.
Setelah melepas bodi mio sebelah kanan, saatnya beralih ke bodi mio sebelah kiri.
Posisi bautnya relatif sama, hanya saja, ada satu baut lagi yang berada tersembunyi di bawah dekat shockbreaker.
Bagaimana mudah bukan untuk melepas bodi Mio GT?
untuk memasang kembali bodi mio GT tentulah bukan perkara sulit namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.
Misalnya ketika menemukan kenapa penutup mesin tidak rapat?
Biasanya karena posisi penguncinya kurang tepat.
Bagian samping dari penutup mesin mio GT saling berkait dengan Bagasi motor. Jika kaitannya tidak tepat, maka bagian samping akan ada celah atau renggang. Jadi posisikan kunciannya dengan tepat.
Kemudian untuk memasang baut rivet, tidak perlu pakai obeng, cukup dengan tangan kosong.
Pertama masukan ring baut rivet ke lubangnya kemudian masukan baut dan tekan hingga rapat, jadi tidak perlu pakai obeng untuk mengencangkannya.
Sepertinya itu saja yang perlu di perhatikan ketika memasang bodi samping mio GT. Jika semua sudah terpasang, cek satu persatu baut yang mengunci bodi mio GT, jangan sampai ada yang masih longgar atau malah ada baut yang tersisa dan belum dipasang.
Yang paling mungkin terlupa adalah baut bodi Mio sebelah kiri karena posisinya yang tersembunyi di bagian bawah dekat shockreaker.
Demikianlah informasi mengenai cara melepas bodi samping Yamaha Mio GT. Semoga bermanfaat.
Pertama masukan ring baut rivet ke lubangnya kemudian masukan baut dan tekan hingga rapat, jadi tidak perlu pakai obeng untuk mengencangkannya.
Sepertinya itu saja yang perlu di perhatikan ketika memasang bodi samping mio GT. Jika semua sudah terpasang, cek satu persatu baut yang mengunci bodi mio GT, jangan sampai ada yang masih longgar atau malah ada baut yang tersisa dan belum dipasang.
Yang paling mungkin terlupa adalah baut bodi Mio sebelah kiri karena posisinya yang tersembunyi di bagian bawah dekat shockreaker.
Demikianlah informasi mengenai cara melepas bodi samping Yamaha Mio GT. Semoga bermanfaat.