Cara memasang dua hard disk di laptop

Mustahil rasanya memasang dua hard disk dalam sebuah laptop yang notabene memiliki ruang compartment sangat sempot dan ringkas itu.

Tidak seperti CPU PC Desktop yang bisa ditambahkan dua tiga atau lebih hard disk kedalamnya. Laptop tidak memungkinkan hal itu terjadi.

Jikapun ingin menambahkan kapasitas penyimpan file, maka mau tidak mau suka tidak suka kita harus mengganti hardi disk yang sudah ada dengan hardisk laptop yang lebih besar kapasitasnya.

Tapi beruntung kita hidup di era dimana teknologi berkembang sangat pesat dan semakin memudahkan. Hal mustahil seperti menambahkan dua hardisk dalam satu laptop pun bias dengan mudah dilakukan tanpa harus membongkar laptop lebih dalam seperti saat ingin membersihkan kipas pendingin laptop.

Cara memasang dua hard disk dalam satu laptop bias dilakukan dengan sangat mudah, dan biaya yang di keluarkan pun tergolong murah.

Artinya memasang dua hardisk di laptop bukanlah pekerjaan yang memerlukan keahlian dan pengetahuan khusus dalam dunia perlaptopan.

Karena untuk memasang dua hardisk di laptop anda hanya perlu melepas CD Room yang kemudian digantikan dengan Second Hard disk Caddy yang bisa di beli di toko komputer dengan kisaran harga mulai 50 ribuan.

Cara memasang dua hard disk di laptop

Kemudian hard disk tambahan untuk laptop di masukkan kedalam kotak yang tersedia di perangkat HDD Caddy yang memiliki desain dan konstruksi yang sama dengan cd room bawaan laptop.

Jangan lupa memindahkan braket dudukan baut dari cd-roomuntuk tempat mengikat HDD Caddy ke laptop. Desain braket ini mungkin berbeda antara satu merk laptop dengan merk yang lain, tapi secara umum, posisi bautnya sama.

Cara memasang dua hard disk di laptop

Untuk dapat memasang dua hardisk di laptop, Anda harus mengorbankan fungsi Cd room di laptop anda.
Artinya, laptop tidak lagi bisa digunakan untuk memutar atau membuka file di CD maupun keping DVD.

Tapi sepertinya ini bukanlah sebuah pengorbanan berat, mengingat jaman sekarang kita sudah sangat jarang menggunakan fasilitas CD-room laptop.

Laptop yang saya pakai ini pun, kondisi CD room nya sudah tidak bagus (rusak) karena sering membuka sendiri tanpa sebab.

Namun meskipun bisa dibilang sudah rusak, tetap saja dipasang untuk menjaga estetika tampilan laptop, tapi dengan sedikit perubahan agar tray cd room laptop tidak membuka sendiri..

Baca juga :

Perlu di di ketahui, ketika anda tertarik menggunakan HDD Caddy untuk menambahkan hardisk ke laptop, bahwasanya HDD Caddy terbagi ke dalam dua jenis yang peruntukannya disesuaikan dengan jenis laptop itu sendiri.

Laptop yang ada dipasaran umumnya terbagi menjadi dua type berdasarkan tebalnya. Ada yang type slim dan type standart yang lebih tebal.

Nah jika anda ingin menggunakan HDD Caddy, pastikan anda membeli type yang tepat. Second HDD caddy terdapat dua pilihan yang bisa di bedakan dari ukurannya yaitu 9.5 mm dan 12.7 mm.

Untuk mengetahui dan memastikannya, bisa dengan melepas cd room laptop dan mengukur ketebalan cd room pada bagian belakang dekat slot SATA. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.

Cara memasang dua hard disk di laptop

Jika anda tidak yakin yang mana yang harus dipilih, sebaiknya anda mengkonsultasikan langsung dengan penjualnya. Tanyakan yang manakah yang cocok untuk laptop anda, apakah laptop anda termasuk yang tebal atau yang slim.

Sebutkan saja merk dan type laptop anda ke penjual agar penjual bisa memastikan type HDD Caddy yang mana yang cocok untuk laptop anda.

Lebih bagus lagi kalau anda membawa serta laptop anda agar untuk lebih memastikan bahwa hdd caddy yang anda pilih cocok untuk digunakan pada laptop anda untuk memasang hardisk kedua di laptop.

Kalau anda memakai Macbook sebaiknya anda tanyakan juga ke penjual, apakah harddisk caddy yang anda incar, compatible dengan OS laptop anda.

Jadi selain ukurannya pastikan juga kesesuaiannya untuk OS laptop yang anda gunakan, apakah chipsetnya sudah teregister di Mac OS sehingga bisa di gunakan di laptop buatan Apple.

Itulah informasi mengenai cara memasang dua hardisk di laptop. Semoga bermanfaat.