Mobil AWD/4WD mungkin sudah biasa dan banyak ditemui dan
biasa dikenal dengan sebutan mobil 4WD
(4 Whell Drive) meskipun sebenarnya AWD dan 4WD berbeda, tapi bagaimana kalau
motor AWD (2WD), mungkin gak biasa yaa.. Christini Technologies, Inc. telah
mampu mewujudkannya dengan menciptakan
teknologi mekanis yang memungkinkan motor dapat bergerak dengan roda depan dan
belakang.
Mungkin system yang diciptakan Christini Technologies, Inc
ini lebih tepat disebut dengan “2WD system” (IMHO). karena penggunaan penggerak roda
depannya dapat dinonaktifkan saat tidak dibutuhkan. Mengingat salah satu
perbedaan antara system AWD dan 4WD pada mobil adalah adanya pilihan untuk
menggunakan penggerak 4 roda atau hanya 2 roda saja pada mobil 4WD sedangkan
untuk mobil AWD, penggerak 4 rodanya bersifat permanen.
Dengan teknologi milik Christini Technologies, Inc ini
bentuk motor tidak mengalami perubahan yang mencolok, secara desain motor akan
tampak seperti motor pada umumnya karena penempatan komponen penggerak roda
depan yang sedemikian rupa sehingga tampilan motor layaknya motor standard dan
tetap kelihatan proporsional.
awd engagement switch |
Dengan menggunakan teknologi ini Motor mampu melibas jalan aspal maupun jalur offroad, fitur AWD nya yang mudah dioperasikan memudahkan pengendara untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan penggerak roda depan tanpa mengganggu pergerakan pengendara. penggerak roda depan dapat diaktifkan melalui tuas (awd engagement switch) yang ada di stang kemudi, jadi penggerak roda depan dapat diaktifkan sesuai keinginan dan medan yang akan ditempuh.
Tampak sekilas memang tidak ada yang berbeda dari desain
motor berkemampuan All Whell Drive ini, karena konstruksi penggerak roda depan yang tampak menyatu dengan chasis motor. Berikut penampakan-nya
Sedikit penjelasan tentang transfer daya mesin motor ke roda
depan dengan menggunakan teknologi Christini
1. Mula-mula daya yang dihasilkan oleh mesin ditransfer melalui rantai menuju gearbox yang ada di chasis.
2. kemudian tenaga didistribusikan ke bevel gear yang berada
dalam komstir melalui poros penghubung yang berada dibawah tangki.
3. dari bevel gear di komstir tenaga mesin lagsung diteruskan
ke rantai yang berada di segitiga bawah.
4. dalam segita tiga bawah daya motor dipindahkan ke poros
penghubung melalui rantai kecil yang ada didalamnya
5 dan daya mesin pun
ditransfer ke-roda melalui poros penghubung yang posisinya sejajar shockbreaker
depan.
6. akhirnya daya motor pun sampai ke-roda depan setelah
melalui lika-liku yang panjang.
Semoga penjelasan singkat ini dapat memberi gambaran
bagaimana system penggerak roda depan milik Christini Technologies, Inc
bekerja. Semoga bermanfaat.