Bersepeda adalah salah satu olahraga yang di gemari oleh berbagai lapisan masyarakat.
Jangkauan ketika bersepeda lebih jauh dengan perubahan pemandangan yang lebih bervariasi membuat olahraga ini banyak di gemari.
Sepeda single speed di lengkapi gear tunggal pada bagian depan dan belakang.
Gear single speed memiliki konstruksi yang sederhana.
Meskipun konstruksinya sederhana, bukan berarti tanpa masalah.
Salah satu masalah gear single speed adalah loss.
Ketika di dayung/di kayuh, roda sepeda tidak ikut berputar karena gear belakangnya loss alias doll.
Kalau gear belakang sudah loss/dol, sebaiknya diganti. Tapi kalau tidak mau ganti karena belum punya uang, bisa di perbaiki.
Sebelum membongkar gear sepeda, siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya agar nanti tidak bingung mumet kesana kemari saat bekerja.
Siapkan alat pembuka baut roda. Baut roda biasanya dibuka pakai kunci 14, 15, 12 tergantung jenis sepedanya.
Kemudian obeng plat, paku, atau apapun yang bisa di pakai untuk membuka tutup gear drngan cara tradisional yaitu di betel.
Siapkan juga temannya paku/obeng plat tadi yaitu palu/martil.
Setelah alatnya siap, sediakan juga bahannya yaitu, per pulpen atau semacamnya, kemudian stempet. Kalau tidak ada stempet pakai sabun colek saja sebagai penggantinya.
Jangan lupa sediakan kopi secukupnya dan gorengan seadanya.
Kalau semua alat dan bahan telah siap, mari kita kerjakan gear sepeda yang loss/dol tersebut.
Pertama lepaskan roda belakang sepeda. Lalu letakan di atas media yang memungkinkan posisi kerja nyaman.
Disini contohnya diletakan diatas ember kecil bekas cat. Ember ini tidak masuk dalam daftar alat dan bahan diatas karena sifatnya opsional.
Untuk memperbaiki gear sepeda yang loss, tidak perlu melepasnya dari velg.
Getok tutup gear menggunakan paku atau obeng plat yang sudah disiapkan. Getok perlahan searah jarum jam.
Perlu di ketahui bahwa putaran drat/ulir penutup gear ini berbeda dengan putaran drat/ulir pada umumnya.
Untuk ulir baut pada umumnya, putar kanan untuk mengencangkan dan putar kiri mengendurkan.
Namun tutup gear ini berlaku sebaliknya. Putar kanan (CW / searah jarum jam) melonggarkan dan putar kiri (CCW / berlawanan arah jarum jam) untuk mengencangkan.
Setelah tutup gear terlepas maka akan terlihat pasukan gotri berjejer rapi.
Angkat gear perlahan-lahan, jangan sampai gotrinya berhamburan, sampai ada yang hilang.
Untuk menghindari gotri berhamburann tak tentu arah, beri alas kain dibawah area kerja.
Setelah gear diangkat, akan terlihat lidah pengait atau pelatuk yang akan berkait dengan gigi ratchet dan membuat roda ikut terputar saat di kayuh.
Disini, pelatuknya, sudah tidak ada per penahannya. Itulah sebabnya kenapa loss saat di kayuh.
Langsung saja di perbaiki.
Ambil per yang sudah disiapkan lalu potong sekira dua ulir atau secukupnya.
Selipkan di antara dudukan lidah pengait/pelatuk.
Ukuran per jangan terlalu panjang agar tidak susah nanti waktu pemasangan. Dan tidak malah jadi gear fixie karena pelatuknya terbuka terus.
Kalau sudah, pasang kembali gear luarnya (ratchet) tapi sebelumnya susun kembali gotri yang terhambur saat di bongkar tadi.
Pakai stempet untuk merekatkan gotri ke dudukannya. Kalau tidak ada stempet, dengan terpaksa bisa pakai sabun colek.
Sebenarnya penggunaan sabun colek sangat tidak dianjurkan karena sabun colek tidak memiliki sifat pelumasan seperti pada stempet. Pelumasan dari stempet yang dibutuhkan gear bisa membuatnya bergerak lancar dan mengurangi gesekan antar bagian-bagian gear.
Setelah gotri terpasang rapi, pasang kembali sisi luar gear secara perlahan.
Jika posisi pelatuk tidak terlalu menjorok keluar, maka pemasangan badan freehub tidak akan ada masalah. Tapi kalau pelatuk terasa sedikit menghambat, tekan menggunakan obeng plat tipis.
Setelah gear terpasang, lakukan pengujian. Coba putar gear searah jarum jam, apakah sudah nyangkut. Lalu putar berlawanan jarum jam, apakah free.
Kalau sudah bekerja normal, pasang tutup rangkaian gotri dan kencangkan secara konvensional.
Pasang roda kembali ke sepeda, selesai.
Bagaimana mudah sekali bukan? Sekarang bisa santai sambil ngopi dan makan gorengan yang sudah disiapkan tadi.
Meskipun tampak mudah, tidak semua gear dapat di lepas dengan cara konvensional seperti ini.
Kadangkala ada jenis gear yang sulit sekali di lepas tutup gear nya.
Biasanya gear tanpa merk yang agak sulit melepas tutup gearnya meskipun di getok dengan power combo. Yang ada malah tutupnya rusak dedel duwel.
Begitulah cara memperbaiki gear yang loss / doll. Semoga bermanfaat.