Cek kartu SIM apakah sudah teregistrasi atau belum

Aturan Pemerintah yang baru terkait persyaratan penggunaan kartu telepon yang harus menyerahkan data pribadi ke pihak operator menuai beragam respon di masyarakat.

Terlepas dari berbagai respon yang ada, mau tidak mau suka tidak suka masyarakat tetap harus mendaftarkan kartu SIM nya sesuai data NIK dan KK yang dimiliki.

Permasalahannya ada beberapa pengguna yang masih belum yakin apakah datanya sudah berhasil terinputkan atau belum meskipun sudah daftar dengan Format Registrasi kartu sesuai panduan operator.

Bagaimana cara mengetahui apakah kartu SIM kita sudah benar-benar terdaftar atau belum.

kartu sim

Telkomsel

Anda bisa mengecek langsung melalui halaman web

https://telkomsel.com/cek-prepaid

Isikan No. Handphone dan Nomor KTP di kolom yang tersedia kemudian klik Dapatkan Password, maka anda akan mendapatkan password yang akan dikirm ke nomor yang anda isikan di kolom No. Handphone.


TRI

Cek nomor TRI Anda apakah sudah terdaftar atau belum di

https://registrasi.tri.co.id/ceknomor

Isikan NIK dan No. KK di kolom yang tersedia dan konfirmasi Captcha kekudian klik Kirim.


SmartFren

Masuk Ke halaman Web

https://my.smartfren.com/check_nik.php

Masukan NIK dan KK kemudian isi Captcha dan klik Cek


XL Axiata

Untuk XL Anda bisa langsung mengecek melalui panggilan UMB (USSD Menu Browser).
Silakan Dial 

*123*4444# 

dan ikuti petunjuknya.


Indosat

Kirim SMS ke 4444 dengan format :

INFO#NIK atau INFO#MSISDN

Banyak pengguna ponsel yang pesimis dengan program pemerintah yang satu ini terkait keamanan data sensitif yang dikirimkan ke operator. Dan apakah cara ini efektif mengurangi penyalahgunaan kartu telepon masih menjadi tanda tanya.

Bagaimana kalau data ini disalahgunakan, siapa yang bertanggung jawab atas kerahasiaan data yang dikirimkan ke operator.

Dilain pihak, operator yang berharap pemasukan dari penjualan kartu SIM akan mendapat tantangan baru bagaimana menghasilkan penjualan jika setiap kartu harus didaftarkan sesuai KTP dan KK pengguna.