3 Motor ini menggunakan mesin Diesel sebagai Dapur Pacunya

Mesin Diesel memang jarang di gunakan pada sepeda motor, tapi bukan berarti tidak ada motor yang menggunakan mesin diesel.

Mesin berbahan bakar solar ini paling terkenal dengan ke-iritan dan tenaga badaknya. Memang paling cocok untuk kendaraan pengangkut dan kendaraan jelajah.

Getaran tinggi dan berisik adalah salah dua hal yang menjadi kendala memasangkan mesin Diesel ke motor.

Meskipun begitu, 3 motor ini berhasil menggunakan mesin diesel berbahan bakar solar untuk penggerak rodanya.

1. Track T800CDI

Motor pakai mesin diesel bergaya Turing, cukup hanya mengandalkan solar sebagai bahan bakar untuk menghidupkan mesin diesel 800 CC yang sudah dilengkapi turbo charger.

Sistem transmisi CVT dan menggunakan shaft drive sebagai penggerak akhir agar bisa menjaga tenaga mesin tersalurkan dengan baik.

Rumah gardan dan poros propellernya juga sekaligus berfungsi sebagai Arm untuk roda belakang yang di topang single suspension.


Baca juga :

2. Royal Enfield Taurus

Meskipun motor yang pakai mesin diesel ini sudah discontinu di tahun 2000, tapi motor yang tayang perdana di tahun 1993 ini cukup populer di India yang merupakan base camp nya.

Royal Enfield Taurus menggunakan mesin diesel 325 CC membuatnya bisa menempuh hingga jarak 85 Km hanya dengan bermodalkan 1 liter Bahan bakar.


3. The Hayes M1030 Military Motorcycle

Motor pakai mesin diesel untuk keperluan militer dibangun dengan basis motor KLR650 milik Kawasaki.

M1030 di kembangkan oleh Cranfield University di Inggris ini menggunakan mesin berkapasitas 670 CC yang di kembangkan secara khusus sehingga mampu mengkonsumsi aneka jenis Solar, bahkan juga bisa menggunakan bensin dan bahan bakar jet jika kondisi darurat.


Itulah 3 motor bermesin diesel sebagai dapur pacunya. Mesin Diesel berbahan bakar Solar cocok digunakan sebagai kendaraan jelajah / turing jarak jauh atau sebagai kendaraan pengangkut hasil bumi.

Tapi kendala utama yang dihadapai oleh motor yang pakai mesin Diesel adalah kadar Emisi yang cukup tinggi. Meskipun teknologi untuk meminimalisir polutan gas buang sudah tersedia, tapi harganya akan membuat nilai jual motor menjadi tinggi.

Itulah salah satu alasan mengapa mesin diesel sulit diterapkan pada sepeda motor, bahkan beberapa motor yang sudah di produksi pun terpaksa harus discontinu.