Handphone Pertama yang dilengkapi Kamera

Kalau sekarang, fitur kamera sudah bukanlah benda aneh yang menempel di handphone.

Tapi tahukah kamu? Kalau jaman dulu.. rasanya mustahil punya handphone yang ada kameranya.

Handphone pertama yang dilengkapi kamera mungkin adalah handphone buatan Sharp.

Handphone yang di beri nama J-SH04 mungkin menjadi handphone pertama yang dilengkapi kamera dalam sejarah.

Kameranya jauh kualitasnya jika dibanding handphone smartphone saat ini. Kamera pada ponsel Sharp J-SH04 beresolusi 110 ribu pixel atau setara dengan 0.11 Mega Pixel. Tidak lupa dilengkapi dengan cermin disisi kamera untuk selfie-selfie

Angka tersebut tentu jauh jika dibanding smartphone sekarang yang minimal sudah 5 MP bahkan untuk ponsel harga murah seperti Evercoss S45.

Yaa kualitas fotonya memang rendah tapi ponsel ini masuk dalam sejarah menjadi handphone pertama yang di lengkapi kamera.

Sharp J-SH04 dirilis pada tahun 2000 tepatnya di bulan November, kemudian ponsel dari produsen lain pun menyusul di tahun-tahun berikutnya membuat handphone dengan built-in camera.

Handphone Pertama yang dilengkapi Kamera

Ponsel Sharp J-SH04 memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni.

Baterainya bisa bertahan hingga 12 hari untuk standby dan 125 jam waktu bicara. Ditambah lagi kemampuan untuk menerima E-Mail semakin melengkapi kecanggihannya.

Handphone yang di percaya sebagai Handphone pertama yang dilengkapi kamera ini menggunakan layar Liquid Crystal 256 warna yang bisa menayangkan 8 karakter dan 9 baris tulisan termasuk menu navigasi.

Memorinya bisa menyimpan 500 daftar nomor telepon, 20 history panggilan telepon dan menyimpan 1500 email, wew mantap.

Untuk hasil fotonya akan tersimpan di shared memory berkapasitas 400 KB. Ini bisa menyimpan sekitar 40 foto berekstensi PNG dan JPEG.

Tampilannya memang sederhana, khas handphone tempo dulu dengan antena yang multi fungsi bisa buat ngupil atau korek kuping hehehe, tapi jangan salah ponsel ini menjadi bagian dari sejarah per-handphonan karena menjadi handphone pertama yang dilengkapi integrated kamera. Semoga bermanfaat.