Salah satu motor listrik dengan teknologi terkini, salah satunya dapat dilihat dari penggunaan baterai yang memiliki kapasitas 10,400 Watt-Hour yang dapat di chareg hingga penuh hanya dalam waktu 3.9 jam dan sudah digaransi selama 5 tahun.
Baterai tersebut digunakan untuk mensuplai listrik ke mesin electrik AC berpendingin cairan yang sudah dilengkapi teknologi regenerative braking sistem dan transmisi manual.
Penggunaan transmisi pada kendaraan listrik menjadi istimewa karena kebanyakan kendaraan listrik khususnya motor bertenaga listrik tidak menggunakan transmisi atau gearbox untuk meneruskan daya keroda (Direct Drive).
Tidak tanggung-tanggung, Empulse TT melengkapi diri dengan transmisi manual 6 percepatan hingga dapat berlari menembus kecepatan 161km/jam.
Melengkapi transmisi manualnya Empulse TT juga dilengkapi tuas kopling untuk membantu perpindahan gigi.
Kombinasi kopling dan transmisi manual pada motor listrik membuat rider yang belum terbiasa menjadi sedikit kikuk.
Pasalnya mesin motor listrik berhenti saat motor berhenti sehingga penggunaan tuas kopling saat perpindahan gigi hanya ketika motor telah berjalan. Saat akan jalan ataupun berhenti, praktis tidak perlu menarik tuas kopling.
Jika pada motor umumnya posisi netral ada diantar gigi satu dan dua, lain halnya dengan gearbox Empulse TT yang memposisikan gigi netralnya diantara gear dua dan tiga.
Keberadaan gearbox inilah yang menjadi perhatian banyak pemerhati dunia otomotif, karena penambahan gearbox pada motor listrik dianggap dapat menambha beban motor yang dapat menguras baterai.
Namun ada pula yang berpendapat bahwa adanya gearbox malah dapat membantu meningkatkan efisiensi motor listrik dengan pengaturan komposisi gear yang tepat.
Yang pasti dengan adanya transmisi manual 6 percepatan, driving style tidak berubah-banyak bagi yang terbiasa naik motor sport bertransmisi manual.
Pengemudi masih bisa blayer-blayer (menarik tuas gas berulang kali) tanpa harus membuat motor berlari.
Sensasi berpindah gigi pun masih bisa dirasakan saat mengendarai Empulse TT. Hanya saat stop tidak perlu menarik kopling meskipun perseneling dalam kondisi masuk (terhubung).
Secara desain, Empulse TT tidak jauh berbeda dengan motor sport bermesin ICE. berikut penampakannya beserta spesifikasi teknis Empulse TT.
Spesifikasi Empulse TT
ENGINE & DRIVETRAIN
TRANSMISSION TYPE
6-Speed Gearbox With Multi-Plate
DRIVE/DRIVEN CLUTCH
Hydraulic Activated Wet Clutch
CHARGING SYSTEM
3.9 HRS (LEVEL II / 0 TO 100% SOC) | 8.9 HRS (LEVEL I / 0 TO 100% SOC)
EMISSIONS
None
BATTERY
Brammo Power Lithium Ion
BATTERY CAPACITY
10,400 WATT-HOUR
BATTERY VOLTAGE
103.6 VOLTS / 117.6 VOLTS (MAX)
MOTOR TYPE
Internal Permanent Magnet AC
PERFORMANCE
PEAK POWER
54 HP
MAX SPEED
100+ MPH / 161 KM/H
PEAK TORQUE
61 FT-LBS
SUSPENSION
REAR SUSPENSION
Adjustable direct-acting shock
FRONT SUSPENSION
Adjustable 43mm inverted forks
BRAKES
REAR BRAKES
Brembo single disk with dual piston hydraulic brembo brake caliper
FRONT BRAKES
Dual 310mm brembo floating disks with twin 4-piston radial mount brembo brake calipers
BRAKE SYSTEM TYPE
Regenerative braking- extend driving range and provide familiar rider feedback
TIRES / WHEELS
REAR WHEEL
17” X 4.5”
REAR TIRES
Continental sport attack II 160/60 ZR17 69W
FRONT WHEEL
17” X 3.5”
FRONT TIRES
Continental sport attack II 120-70 ZR17, 58W
DIMENSIONS
WHEELBASE
58.0” / 147.32 CM
SEAT HEIGHT
31.5” / 80.0 CM
RAKE/TRAIL
24°/3.8 IN (96.52 MM)
GROUND CLEARANCE
7.3” / 18.54 CM
OVERALL LENGTH (IN./MM.)
81.3” / 206.5 CM
CARRY CAPACITY
368 LBS / 167 KG
CURB WEIGHT
470 LB (213 KG)
FEATURES
INSTRUMENTATION
Lcd display; speed, tach, odometer, gear position, energy consumption, battery status, estimated range and system status
COLORS (BASE)
Titanium silver and havasu red
COLOR SWATCH
Titanium silver and havasu red
Baterai tersebut digunakan untuk mensuplai listrik ke mesin electrik AC berpendingin cairan yang sudah dilengkapi teknologi regenerative braking sistem dan transmisi manual.
Penggunaan transmisi pada kendaraan listrik menjadi istimewa karena kebanyakan kendaraan listrik khususnya motor bertenaga listrik tidak menggunakan transmisi atau gearbox untuk meneruskan daya keroda (Direct Drive).
Tidak tanggung-tanggung, Empulse TT melengkapi diri dengan transmisi manual 6 percepatan hingga dapat berlari menembus kecepatan 161km/jam.
Melengkapi transmisi manualnya Empulse TT juga dilengkapi tuas kopling untuk membantu perpindahan gigi.
Kombinasi kopling dan transmisi manual pada motor listrik membuat rider yang belum terbiasa menjadi sedikit kikuk.
Pasalnya mesin motor listrik berhenti saat motor berhenti sehingga penggunaan tuas kopling saat perpindahan gigi hanya ketika motor telah berjalan. Saat akan jalan ataupun berhenti, praktis tidak perlu menarik tuas kopling.
Jika pada motor umumnya posisi netral ada diantar gigi satu dan dua, lain halnya dengan gearbox Empulse TT yang memposisikan gigi netralnya diantara gear dua dan tiga.
Keberadaan gearbox inilah yang menjadi perhatian banyak pemerhati dunia otomotif, karena penambahan gearbox pada motor listrik dianggap dapat menambha beban motor yang dapat menguras baterai.
Namun ada pula yang berpendapat bahwa adanya gearbox malah dapat membantu meningkatkan efisiensi motor listrik dengan pengaturan komposisi gear yang tepat.
Yang pasti dengan adanya transmisi manual 6 percepatan, driving style tidak berubah-banyak bagi yang terbiasa naik motor sport bertransmisi manual.
Pengemudi masih bisa blayer-blayer (menarik tuas gas berulang kali) tanpa harus membuat motor berlari.
Sensasi berpindah gigi pun masih bisa dirasakan saat mengendarai Empulse TT. Hanya saat stop tidak perlu menarik kopling meskipun perseneling dalam kondisi masuk (terhubung).
www.victorymotorcycles.com |
Spesifikasi Empulse TT
ENGINE & DRIVETRAIN
TRANSMISSION TYPE
6-Speed Gearbox With Multi-Plate
DRIVE/DRIVEN CLUTCH
Hydraulic Activated Wet Clutch
CHARGING SYSTEM
3.9 HRS (LEVEL II / 0 TO 100% SOC) | 8.9 HRS (LEVEL I / 0 TO 100% SOC)
EMISSIONS
None
BATTERY
Brammo Power Lithium Ion
BATTERY CAPACITY
10,400 WATT-HOUR
BATTERY VOLTAGE
103.6 VOLTS / 117.6 VOLTS (MAX)
MOTOR TYPE
Internal Permanent Magnet AC
PERFORMANCE
PEAK POWER
54 HP
MAX SPEED
100+ MPH / 161 KM/H
PEAK TORQUE
61 FT-LBS
SUSPENSION
REAR SUSPENSION
Adjustable direct-acting shock
FRONT SUSPENSION
Adjustable 43mm inverted forks
BRAKES
REAR BRAKES
Brembo single disk with dual piston hydraulic brembo brake caliper
FRONT BRAKES
Dual 310mm brembo floating disks with twin 4-piston radial mount brembo brake calipers
BRAKE SYSTEM TYPE
Regenerative braking- extend driving range and provide familiar rider feedback
TIRES / WHEELS
REAR WHEEL
17” X 4.5”
REAR TIRES
Continental sport attack II 160/60 ZR17 69W
FRONT WHEEL
17” X 3.5”
FRONT TIRES
Continental sport attack II 120-70 ZR17, 58W
DIMENSIONS
WHEELBASE
58.0” / 147.32 CM
SEAT HEIGHT
31.5” / 80.0 CM
RAKE/TRAIL
24°/3.8 IN (96.52 MM)
GROUND CLEARANCE
7.3” / 18.54 CM
OVERALL LENGTH (IN./MM.)
81.3” / 206.5 CM
CARRY CAPACITY
368 LBS / 167 KG
CURB WEIGHT
470 LB (213 KG)
FEATURES
INSTRUMENTATION
Lcd display; speed, tach, odometer, gear position, energy consumption, battery status, estimated range and system status
COLORS (BASE)
Titanium silver and havasu red
COLOR SWATCH
Titanium silver and havasu red